Kamis, 21 Juni 2012

Lomba Cerpen Remaja

Ayo para remaja yang masih 15-19 tahun ada lomba cerpen nih. Maaf ngasih tahunya terlambat ya ini infonya:

LOMBA PENULISAN ESAI DAN CERPEN BAGI REMAJA DIY TAHUN 2012
1.      Latar belakang
Menulis adalah sebuah wujud kreativitas manusia. Ekspresi kreatif tersebut lahir dari akal budi manusia dan menjadi sebuah talenta yang luar biasa bagi remaja bila dikembangkan sesuai dengan jalur yang benar. Untuk itu, Balai Bahasa Yogyakarta memberi kesempatan kepada para remaja se-DIY untuk menunjukkan bakat dan talenta menulis Esai dan Cerita Pendek (Cerpen). Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi, rasa cinta, dan bangga kepada negeri ini. Karya tulis kebahasaan dan kesastraan merupakan aktualisasi nilai yang mampu menjadi salah satu jati diri. Perlulah kiranya digali dan dikembangkan oleh para generasi muda.

2. Tujuan
Lomba penulisan Esai dan Cerpen bertujuan (1) membangkitkan minat remaja terhadap kegiatan berbahasa dan bersastra, khususnya menulis Esai dan Cerpen; 2) meningkatkan daya cipta dan kreativitas para remaja dalam penulisan Esai dan Cerpen; (3) menum-buhkan sikap positif dan rasa cinta terhadap hasil karya kebahasaan dan kesastraan; dan (4) mengembangkan aktivitas menulis kreatif di kalangan remaja.

3. Peserta
Peserta lomba adalah para remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berusia 13--19 tahun.

4. Ketentuan Umum
1) Esai berkaitan dengan aspek kesastraan, kebahasaan, atau kebudayaan, sedangkan Cerpen bebas. Karya tulis peserta tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.
2) Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus asli (bukan saduran, terjemahan, belum pernah diterbitkan, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun).
3) Karangan diketik rapi menggunakan program MS Word, kertas kuarto, huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, panjang 8--10 halaman untuk Esai dan 5--8 halaman untuk Cerpen.
4) Substansi penulisan Esai meliputi judul, pendahuluan, pembahasan yang memuat analisis, solusi yang ditawarkan, dan penutup serta daftar pustaka (bila perlu). Cerpen ditulis sesuai dengan kaidah penulisan cerpen.
5) Naskah yang dikirim ke panitia rangkap 4 (empat) dilampiri biodata beserta dengan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi, fotokopi KTP/Kartu Pelajar/
Kartu Mahasiswa/surat keterangan lain yang menyatakan bahwa peserta masih remaja.
6) Setiap peserta hanya berhak mengirim-kan 1 (satu) judul Esai atau Cerpen. Peserta diperbolehkan mengirim dua karya, Esai dan Cerpen.
7) Hak cipta karya ada pada penulis, sedangkan hak penerbitan ada pada Balai Bahasa Yogyakarta.

5. Pengiriman Naskah
1) Naskah dikirim langsung atau melalui pos ke

Panitia Lomba Penulisan Esai dan Cerpen bagi Remaja DIY
d.a. Balai Bahasa Yogyakarta
Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta
Telepon 0274 562070
Kontak person:
Esai : Dra. Herawati (081328751032)
Cerpen : Y. Adhi Satiyoko (0274-6616699)

2) Naskah diterima panitia paling lambat tanggal 28 Juni 2012.

Nb. Penyerahan naskah lomba dapat secara langsung diserahkan ke Panitia Lomba Penulisan Esai dan Cerpen bagi Remaja DIY, d.a. ruang Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta , Lantai 2 (Ibu Hj. Sus Prihandani, B.A./Ibu Parminah) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar